Senin, 07 Januari 2013

Ekonomi dan Pariwisata Denpasar

Pengaruh kuat pada pengembangan pariwisata dan perubahan struktural dalam perekonomian meningkat di Denpasar. Namun, struktur ekonomi kota Denpasar sedikit berbeda bila dibandingkan dengan struktur perekonomian Bali pada umumnya, dengan menempatkan sektor perdagangan, hotel dan restoran mendominasi pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari Denpasar.

Juga meningkatkan perekonomian Denpasar adalah produksi barang-barang kerajinan seperti kerajinan tangan untuk souvenir, seperti ukiran dan patung. Tapi ini industri kerajinan mengalami stres, selain dampak dari krisis dan persaingan antar daerah, tekanan lain dari kompetisi di antara negara-negara berkembang di Asia seperti Vietnam, Thailand, India, Malaysia dan Cina. Ini negara pesaing memaksimalkan skala produksi dengan memanfaatkan teknologi industri, sementara pada industri kerajinan Denpasar masih mempertahankan keterampilan (hand made) sehingga kendala pada pemenuhan kuantitas produksi.

Denpasar memiliki berbagai obyek wisata. Pantai berpasir putih yang terkenal di seluruh pulau. Beberapa pantai surfing adalah Pantai Kuta, Pantai Legian, dan Pantai Canggu. Pantai Sanur memiliki perairan lebih tenang dan sangat baik untuk berjemur.

Sepuluh menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai terletak kota Kuta. Kuta adalah tempat sebagian besar hotel, restoran, mall, kafe, pasar, dan spa yang melayani wisatawan berada. Di daerah Denpasar, segala macam kerajinan Bali yang diwakili di toko-toko lokal. Ini termasuk karya seni, tembikar, tekstil, dan perak.

Kain batik yang dijual di seluruh Denpasar. Lembaran-lembaran kain yang terang seindah mereka murah. Terbuat dari kapas murni dengan pola yang mulia, Bali batik pasti membeli yang baik. Terkadang kain batik dibuat menjadi pakaian yang layak pakai seperti sarung atau kemeja pria. Distrik perhiasan di sebuah kota bernama Celuk, Kabupaten Gianyar yang merupakan 30 menit (tergantung pada kemacetan lalu lintas) dari Kuta. Berikut ada beberapa perak dan tukang emas 'toko yang menjual perhiasan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar