Selasa, 22 Januari 2013

Tujuh Langkah tetap bugar di usia 30-an

Ketika berusia 30 tahunan, hidup terasa lebih rumit dan penuh tekanan. Bisa jadi Anda sudah menikah, punya anak, sukses dalam berkarir, atau sedang menghadapi masalah keuangan. Apapun itu, masalah yang muncul di usia 30 tahunan bisa membuat Anda stres dan mudah sakit.
Untuk menjaga tubuh tetap bugar di usia 30-an, lakukan beberapa langkah mudah berikut ini, seperti dilansir oleh Times of India (11/01).

1. Hindari stres

Menghindari masalah dan berlibur bersama keluarga di usia ini bukanlah hal yang mudah, meski begitu Anda harus berusaha menangkal stres dengan cara berbeda. Cobalah membuat tubuh Anda santai dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Selain itu, peneliti juga menunjukkan bahwa olahraga jua bisa mengurangi stres dan membantu orang merasa tenang.
 

2. Olahraga teratur

Olahraga bisa menghindarkan Anda dari stres sekaligus menjaga kebugaran tubuh dan jantung di usia 30-an. Bahkan hanya dengan berolahraga 15 - 30 menit setiap hari bisa bermanfaat besar untuk jantung. Tak hanya itu, olahraga juga menjauhkan Anda dari kelebihan berat badan.
 

3. Makan sehat

Hindari makanan yang tidak sehat, karena makanan tersebut bisa menambah kalori dan meningkatkan kolesterol, serta risiko penyakit jantung. Lakukan diet sehat dengan porsi protein dan omega-3 yang tepat.
 

4. Tidur cukup

Tidur kurang dari lima jam sehari akan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Pastikan Anda tidur cukup dan berkualitas. Atur waktu tidur dan waktu bangun Anda. Selain itu hindari merokok atau minum alkohol sebelum tidur.
 

5. Harus sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan. Yang lebih penting lagi, konsumsi makanan yang bergizi, sehat, dan kaya nutrisi. Sarapan yang sehat akan memberikan pasokan energi yang cukup untuk tubuh Anda.
 

6. Waspadai KB

Bagi wanita, penggunaan pil KB bisa meningkatkan tekanan darah jika Anda memiliki sejarah keluarga yang terkena penyakit jantung. Menggunakan pil KB bisa memperburuk risiko terkena penyakit jantung bagi Anda. untuk itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kandungan sebelum menggunakan alat kontrasepsi.
 

7. Batasi gula dan garam

Gula bisa meningkatkan kolesterol dan tingkat gula darah, sementara garam bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Di usia ini ada baiknya Anda mulai mengurangi konsumsi dua bahan tersebut. anda tak harus menghindarinya sepenuhnya, namun kurangi takarannya, misalkan pada makanan, kue, minuman, atau lainnya.
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar